Sabtu, Januari 28, 2012

Kerajaan Majapahit

Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berpusat dijawa timur yang pernah berdiri sekitar tahun 1293-1500 M. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas dinusantara pada masa kekuasaan hayam wuruk,yang berkuasa dqri tahun 1350-1389 M.
kerajaan mahapahit adalah kerajaan Hindu-budha terakhir yang menguasai nusantara dan dianggap sebagai salah satu dqri negara terbesar dalam sejarah indonesia. Kekuasaannya terbentang dijawa,sumatra,semenanjung malaya,kalimantan,hingga indonesia timur.


Sebelum berdirinya majapahit, Singhasari telah menjdi kerajaan paling kuat dijawa. Hal ini menhadi perhatian Kubilai khan,penguasa dinasti yuan ditiongkok. Ia mengirim utusan yang bernama Meng chi ke singhasari yang menuntut upeti. Kertanegara penguasa singhasari tang terakhir menolak untuembayar upeti dan mempermalukan utusan tersebut dengan merusak wajahnya dan memotong telinganya.
Kublai khan marah dan lalu memberangkatkan ekspedisi besar ketanah jawa tahun 1293 M. Ketika itu, Jayakatwang adipati kediri sudah menggulingkan dan membunuh kertanegara atas saran Arya wiraraja, jayakatwang memberikan pengampunan kepada Raden Wijaya menantu kertanegara,yang datang menyerahkan diri. Raden wijaya kemudian diberi hutan tarik. Ia membuka hutan itu dan membangunnya desa baru. Dan desa baru itu ia beri nama Majapahit,yang namanya diambil dari buah maja yang rasanya pahit. Ketika pasukan mongol tiba wijaya brsekutu dengan pasukan mongol untuk bertempur melawan Jayakatwang, setelah berhasil menjatuhkan Jayakatwang, Raden Wijaya berbalik menyerang sekutu monggolnya sehingga memaksa mereka menarik pulang kembali pasukannya secara kalang kabut karena mereka berada dinegeru asing.dan pada saat itu pula merupakan kesempatan bagi mereka untuk menangkap angin muson agar dapat pulang,atau mereka harus menunggu enam bulan lagi dipulau yang asing.

Tanggal pasti yang digunakan sebagai tanggal kelahiran kerajaan majapahit adalah hari penobatan Raden wijaya sebagai Raja,yaitu tanggal 15 bulan kartika tahun1215 saka yang bertepatan dengan tanggal 10 november 1293. Ia dinobatkan dengan nama resmi Kertarajasa Jayawardhana. kerajaan ini menghadapi masalah,beberapa orang terpercaya kertarajasa, termasuk Ranggalawe,sora,dan nambi memberontak melawannya,meskipun pembetontakan Itu tidak berhasil Slamet muljana menduga bahwa mahapatih Halayudha lah yang melakukan konspirasiuntuk menjatuhkan kelompok orang terpercata Raja,agar ua dapat mencapai posisi tertinggi dalam pemerintahan. .amun srtelah kenatian pemberontak terakhir(kuti), Halayudha di tangkap dan dipenjara,dan lalu dihukum mati.
Wijaya meninggal dunia pada tahun 1309 M. Putra dan penerus Wijaya adalah Jayanegara, pararaton menyebutnya kalagemet. Yang berarti "penjahat lemah". Kira kira pada suatu waktu dalam kurun pemerintahan Jayanegara,seorang pendeta italia, odorico da pordenome mengunjungi keraton majapahit dijawa, oada tahun 1328, Jayanegara dibunuh oleh tabibnya, yang bernama Tanca. Ibu tirinya yaitu Gayatri rajapatni. Seharusnya menggantikannya akan tetapi Rajapatni memilih mengundurkan diri dari istana dan memilih menjadi biksuni. Rajapatni menunjuk anak perempuannya Tribhuana wijayatunghadewi untuk menjadi Ratu menjadi Majapahit. Pada tahun 1336 M, tribhuana menunjuk Gahahmada sebagai mahapatih. Pada saat pelantikannya Gajahmada mengucapkan sumpah palapa yang menunjukan rencananya untuk melebarkan kekuasaan majapahit dan membangun sebuah kemaharajaan. Selama kekuasaan Tribhuana,kerajaan majapahit berkembang menjadi lebih besar dan terkenal dikepulauan nusantara. Tribhuana berkuasa dimajapahit sampai kematian ibunya pada tahun 1350 M. Ia diteruskan oleh putranya Hayamwuruk.

Hayamwuruk,juga disebut Rahasanagara, Memerintah majapahit dari tahun 1350-1389, pada masanya majapahit mencapai kejayaan dengan bantuan mahapatihnya Gajahmada, dibawah perintah Gajahmada (1313-1364), majapahit menguasai lebih banyak wilayah.

Menurut kakawih "Nagarakretagama" pupuh XIII-XV, daerah majapahit meliputi Sumatra,Semenanjung malaya,Kalimantan,Sulawesi,kepulauan nusa tenggara,Maluku,papua,Tumasik (singapura) dan sebagian kepulauan filipina. Sumber ini menujukan batas terluas sekaligus puncak kejayaan kemaharajaan majapahit.
Namun demikian,batasan alam dan ekonomi menunjukan bahwa kekuasaan terpusat majapahit,tetapi terhubungkan oleh satu sama lain oleh perdagangan yang mungkin berupa monopoli oleh Raja. Selain melancarkan serangan dan ekspedisi militer, majapahit juga menempuh jalan diplomasi dan menjalin persrkutuan. Kemungkinan karna didorong alasan politik, Hayamwuruk berhasrat mempersunting Citraresmi (pitaloka), putri kerajaan Sunda untuk dijadikan permaisurinya. Pihak Sunda menganggap lamaran ini sebagai persekutuan. Pada tahun 1357 M, rombongan Sunda beserta keluarga dan pengawalnya bertolak kenajapahit mengantarkan sang putri untuk dinikahkan dengan hatam wuruk. Akan tetapi Gajahmada melihat hal ini sebagai peluang untuk memaksa kerajaan sunda takluk dibawah majapahit. Pertarungan antara keluarga kerajaan sunda dengan tentara majapahit di lapangan bubat tidak terelakan, meski dengan gagah berani memberikan perlawanan,keluarga kerajaan Sunda kewalahan dan akhirnya dikalahkan. Hampir seluruh rombongan keluarga kerajaan sunda dapat dibinadakan sexara kejam. Tradisi menyebutkan bahwa sangputri yang kecewa dengan hati remuk dendam melakukan "bela pati" atau bunuh diri untuk membela kehormatan megaranya. Kisah pasunda bubat menjadi tema utama dalam naskah kidung sunda yang disusun pada zaman kemudian dibali. Kiswh ini disinggung dalam pararaton tetapi samasekali tidak disebutkan dalam nagarakretagama.
Pada tahun 1377,beberapa tahun setelah kematian Gajahmada,majapahit meluncurkan serangan laut untuk menumpas pemberontakan dipalembang. Meskipun penguasa majapahit memperluas kekuasaannya diberbagsi pulau dan kadang kadang menyerang kerajaan tetangga,perhatian utama majapahit nampaknya adalah mendapatkan porsi terbesar dan mengendalikan perdagangan dikepulauan nusantara.pada saat inilah pedagang muslim dan penyebar agama islam mulai memasuki kawasan ini.

Jatuhnya Majapahit


Sesudah mencapai puncaknya pada abad ke-14, kekuasaan majapahit berangsur angsur melemah. Setelah wafatnya hayamwuruk pada tahun 1389 M, majapahit memasuki masa kemunduran akibat komflik perebutan tahta. Pewaris Hayamwuruk adalah putri mahkota Kusumawardhani yang menikahi sepupunya sendiri, pangeran Wikramawardhana. Hayamwuruk juga punya seorang putra dari selirnya Wirabumi yang jug menuntut haknya atas tahta. Perang saudara tang disebut perang paregreg diperkirakan terjadi pada tahun 1405-1406 M. Antara Wurabumi melawan Wikramawardhana. Perang ini akhirnya dimenangi Wikramawadhana,sementara Wirabumi kemudian ditangkap dan dipanncung. Tampaknya perang saudara ini melemahkan kendali majapahit atas daerah-daerah taklukannya diseberang.

Pada kurun waktu pemerintahan Wikramawardhana,serangkaian ekspedisi laut Dinasti ming yang dipimpin oleh laksamana cheng ho,seorang jendral muslim china tiba dijawa beberapa kali antara kurun waktu 1405-1433 M. Sejak tahun 1430 ekspedisi Cheng ho ini talah menciptakan komunitas muslim cina dan arab dibeberapa kota dipelabuhan pantai utara jawa,seperti du Semarang,Demak,Tuban,dan Ampel maka islampun mulai memiliki pijakan dipantai utara jawa.

Wikramawardhana memerintah hingga tahun 1426,dan diteruskan oleh putrinya, Ratu Suhita, yang memerintah pada tahun 1426-1447, ia adalah putri kedua wikramawardhana dari seorang selir yang juga putri kedua wirabumi,pada 1447, Suhita mangkat dan pemerintahan dilanjutkan oleh kertawijaya. Adik laki-lakinya ia memerintah hingga tahun 1451,setelah kertawijaya wafat Bhrepamoto menjadi Raja dengan gelar Rajasawardhana dan memerintah dikahuripan,ia wafat pada tahun 1453 AD. Terjadi heda waktu tiga tahun tanpa Raja akibat krisis pewarisan tahta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar